7 Tips Menghindari Penuaan Dini


Setiap manusia pastilah akan menjadi tua namun penuaan dini bukanlah hal yang dapat dihindari dengan mudah, dan hal ini seringkali mejadi momok yang meresahkan bagi kaum hawa. Untuk dapat menghindari penuaan dini, bacalah 7 tips berikut agar Anda terhindar darinya.

1. Hampir 90% faktor penyebab penuaan dini disebabkan karena cahaya matahari. Untuk dapat menghindari penuaan dini, setiap hari gunakanlah krim dengan SPF yang tinggi, setidaknya SPF15. Penggunaan krim SPF ini juga sebaiknya diterapkan pada saat cuaca berawan karena sinar UV tetap dapat menembus awan.

2. Selain seringnya diterpa sinar matahari, kasus penuaan dini seperti munculnya keriput juga dapat terjadi dikarenakan oleh program diet yang tidak baik. Taukah Anda bahwa konsumsi gula yang berlebihan tidaklah hanya buruk bagi program diet namun juga dapat meningkatkan potensi penuaan dini. Kadar gula darah yang meningkat dapat merusak kolagen di dalam kulit Anda. Rusaknya kolagen ini menyebabkan mengerasnya kolagen yang mengakibatkan kulit kendur dan keriput. Untuk dapat menjaga kulit tetap awet muda dan halus, pastikan Anda selalu memeriksa kandungan gula yang terdapat dalam tiap produk yang Anda beli. Usahakan agar Anda tetap menjaga konsumsi gula pada tingkat yang wajar.

3. Merokok merupakan hal yang tidak baik bagi kesehatan, ditandai sebagai penyebab dar kanker dan penyakit jantung. Selain itu, merokok juga memberikan efek yang buruk bagi penampilan seseorang. Asap dari rokok dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan mengurangi kadar okisgen dan nutrisi dalam kulit, yang juga menyebabkan munculnya keriput pada kulit sekitar bibir. Jika Anda adalah perokok, sebaiknya Anda segera berhenti, paling tidak menguranginya sedikit demi sedikit sampai Anda dapat benar-benar dapat meninggalkan kebiasaan tersebut.

4. Agar kulit Anda tetap halus, sangatlah penting bagi Anda untuk tetap terus menjaga kadar air dalam tubuh. Pastikan Anda minum air yang cukup setiap hari agar kulit Anda tetap lembab. Makan buah-buahan dan sayur-mayur sangatlah baik karena produk-produk alam ini memiliki kadar air yang baik untuk melembabkan kulit Anda. Untuk melembabkan kulit dari luar, Anda dapat menggunakan krim pelembab sesuai dengan jenis kulit Anda. Minyak vitamin E juga dapat membantu dalam hal ini. Produk vitamin E ini dapat ditemukan dalam minyak almond atau minyak alpukat. Bila Anda sering berada dalam ruangan yang ber-AC, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan untuk menggunakan humidifier yang dapat melawan efek kering yang dikeluarkan oleh AC.

5. Kulit sekitar mata kita terkadang dapat menjadi tanda awal munculnya penuaan dini. Tanda-tanda tersebut terlihat dari garis-garis halus di sekitar mata. Garis-garis ini dapat menjadi lebih terlihat lagi bila Anda seringkali mengerutkan dahi atau menyipitkan mata. Seringkali bagi orang-raong yang memiliki masalah penglihatan menyipitkan mata agar dapat melihat lebih jelas namun hal ini tidaklah baik bagi garis-garis mata tersebut. Bila Anda sering melakukan hal ini, alangkah baiknya bila Anda segera memeriksakan kesehatan mata Anda dan memakai kacamata atau kontak lens.

6. Untuk dapat menghindari keriput, mulailah mengkonsumsi produk-produk yang memiliki kandungan anitioksidan dan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 sangat membantu menjaga dan memelihara kekencangan kesehatan kulit dari dalam, menghindari dehidrasi dan kekeringan. Antioksidan membantu melawan radikal bebas yang menjadi penyebab munculnya keriput. makanan-makanan yang mengandung konadungan ini adalah ikan, minyak biji rami, dan buah beri yang terkenal mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh.

7. Yang terakhir adalah soal kesehatan pikiran. Banyak orang yang tidak mengetahui hal ini, namun sudah banyak studi terhadap hubungan antara pikiran dengan penampilan seseorang. Stres yang berlebihan dapat menstimulasi penuaan pada kulit, dan munculnya keriput. Agar dapat tetap bebas dari kulit keriput, cobalah untuk menghindari stres dengan mencoba meditasi, berolahraga, atau alternatif lainnya yaitu yoga.

0 comments:

Post a Comment